LEMBAR PENGESAHAN
Skripsi dengan Judul : Kemampuan Berpidato Siswa Kelas X SMK Negeri 1
Kotabunan.
Karya
Ilmiah dari :
Nama : Muhammad Rifsan Makangiras
NIM : 07310383
Jurusan : Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia
Program
Studi : Pendidikan
Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Program
Pendidikan : Sarjana (S1)
Disetujui
oleh tim pembimbing untuk diajukan kepada panitia ujian Skripsi pada Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Manado.
Pembimbing I Pembimbing
II
Dra.
Wimsje R. Palar, M.Hum Dra.
Th.Wengkang , M.Pd
NIP.196012311986022003 NIP.196008171985022001
Mengetahui
Ketua
Jurusan
Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia
Dra.
R.C Paath,M.Hum
NIP.196111181986022001
ABSTRAK
Muhammad Rifsan Makangiras
Kemampuan Berpidato Siswa Kelas XI SMK
Negeri 1 Kotabunan
Tujuan
penelitian ini yaitu untuk
mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan berpidato siswa kelas XI SMK Negeri 1
Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur .
Penelitian
ini dilaksanakan di SMK
Negeri 1 Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur pada siswa kelas XI Tahun Pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 36 Siswa.
Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif adalah metode
yang memusatkan diri pada masalah-masalah aktual. Data yang dikumpulkan, disusun, dijelaskan
kemudian dianalisa
Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi , wawancara dan tes. Teknik
pengolahan data yang digunakan adalah rumus presentase:
Hasil pengolahan data, nilai rata-rata siswa atau nilai rata-rata kelas
yang diperoleh ialah 5,7 (57%). Demikian juga dengan nilai rata-rata kelas
untuk elemen penguasaan topik
5,6 (56%), elemen diksi 6
(6%), dan elemen lafal 6,5
(65%). Jika kita melihat hasil yang diperoleh ini, ternyata keterampilan berpidato siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kotabunan dapat
diklasifikasi ‘kurang mampu’,
karena hasil yang diperoleh rata-rata kelas berada pada rentang nilai <70%.
Dari ketiga macam elemen pendukung keterampilan berbicara ini, semua elemen
juga berada pada rentang nilai <70%.
Ø Diharapkan
kepada guru-guru bidang studi Bahasa Indonesia agar dapat membimbing siswa
dalam pengajaran pidato
sehingga mereka terbiasa tampil
berbicara dan mengungkapkan gagasan secara kreatif.
Ø Untuk
membangkitkan minat siswa terhadap pidato maka guru harus menjadi model pembelajaran yang dinamis di dalam kelas dan tidak
menimbulkan kesan monoton dalam mengajar
Ø Pengajaran pidato di SMK sangat penting dalam menyiapkan
lulusan yang terampil berbicara dan siap turun ke lapangan menampilkan
kemahiran dalam berpidato.
KATA PENGANTAR
Peneliti
memanjatkan puji syukur kepada Tuhan yang Mahakuasa karena berkat kasih dan
penyertaan-Nya
skripsi ini dapat terselesaikan. Skripsi ini berjudul “Kemampuan Berpidato siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kotabunan”
sebagai bagian penelitian yang dilaksanakan untuk mendeskripsikan kemampuan
siswa dalam berbicara.
Adapun
skripsi ini sebagai penerapan pengetahuan yang peneliti peroleh, untuk memenuhi
syarat-syarat guna menyelesaikan studi di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas
Negeri Manado.
Di
balik rasa gembira yang muncul karena keberhasilan menyelesaikan studi,
peneliti menemui berbagai permasalahan baik materi, kemampuan, serta masalah
lain yang tidak dapat diungkapkan semua dalam penyelesaian studi termasuk
penulisan skripsi ini. Banyak kenangan manis dan juga pahit yang peneliti
jalani selama mengikuti studi di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri
Manado, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Keberhasilan
peneliti menjalani proses belajar di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas
Negeri Manado, tentunya tidak lepas dari peran beberapa pihak yang banyak
memberi perhatian. Untuk itu melalui kesempatan ini peneliti dengan ketulusan
hati menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1. Prof.
Dr. Ph. E.A. Tuerah, M.Si, DEA Rektor Universitas Negeri
Manado.
2.
Drs. F. Dj. Rorong, M.Hum Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas
Negeri Manando.
3.
Dra N. Rumengan M.Hum Pembantu
Dekan I FBS UNIMA.
4.
Donal M Ratu, M.Hum Pembantu
Dekan II FBS UNIMA
5.
Dra. N. Samola M.Pd Pembantu
Dekan III FBS UNIMA,
6.
Drs.
Maxi Wantalangi, M. A. Pembantu Dekan IV FBS UNIMA
7.
Dra.R C Paath M.Hum
Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
8.
Dra. W Palar, M.Hum Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia sekaligus
sebagai Pembimbing I yang telah banyak memberian saran dan masukan
dalam proses penulisan skripsi.
9.
Dra T Wengkang , M.Pd Dosen
Pembimbing II
Penulisan Skripsi,
yang telah memberikan banyak masukan serta arahan selama dalam proses
pembimbingan penulisan skripsi ini.
10.
Seluruh Dosen di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
11.
Seluruh Pegawai dan tata usaha FBS
Universitas Negeri Manado
12.
Teman
- teman seperjuangan di Jurusan Bahasa dan sastra Indonesia
13.
Seluruh keluarga terutama kepada :
Riski, Sri Bella, Rizaldi, Niken, Fadiah dan Fadil
14.
Kekasih Tercinta : Prilly Frichillia
Modeong, Amd. Keb
15.
Keluarga Drs. Anuarudin Mokoagow, M.Pd
16.
Teman – teman kost : Ustad Bagio, Rama,
Vicar, Ilo, Imbri, Rendra, Iki, Senior Odhy, Yandhi, Inal, Doddy, Uchan-Uchin,
Ayu dan Haspa.
17.
Teman – teman Asrama Bogani : Are’Is,
fikran, Suryadi, Farly, Dayat, Winny, Hendy, Jhon, Aldi, Kiki, David dan Epie
18.
Guru
– guru dan staf tata usaha SMK Negeri 1 Kotabunan
Akhirnya kritik dan saran yang membangun
sangat diharapkan untuk kesempurnaan karyini.
Semoga karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Tondano, November 2012
Peneliti
Muhammad Rifsan Makangiras
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
Ø sesungguhnya pelindungku adalah Allah,
yang telah menurunkan kitab (Al-Qur’an) dan dialah yang melindungi orang-orang
yang baik.
(Q. S. Al- A’raf:
196)
Ø Allah akan mengangkat beberapa derajat
orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang berilmu.
(Q. S. Almujadilah:
11)
PERSEMBAHAN
Karya
ilmiah ini kupersembahkan untuk:
ALLAH SWT , Tuhan yang Mahaagung dengan semua
penyertaan, keridhaanNya
Ayahanda
tercinta , Abdul Djohar Makangiras , BA
dengan semangat dan keikhlasan
membiayai studiku , seorang ayah
yang telah membimbing dan mengajarkan arti
kehidupan serta menjadi manusia yang pandai bersyukur
Ibunda tercinta , Anita Paputungan, dengan segala kemuliaan membimbing , mengayomi demi menanti keberhasialanku , seorang ibu
yang dengan tulus memberikan doa restu
untu kesuksesanku
Adinda tercinta, Sri Bella Islamy Makangiras ,
Adik yang selalu memberikan motivasi dan semangat untuk mengejar mimpi dan
keberhasilan.
Kekasih terindah dan tercinta Prilly
Frichillia Modeong, Amd.Keb
Semua saudaraku yang banyak membantu
Almamater tempat aku menimba ilmu.
Kepada
Nusa dan Bangsa yang menanti pengabdianku
DAFTAR ISI
Hal
LEMBAR
PENGESAHAN.................................................................... i
ABSTRAK
........................................................................................ ii
KATA
PENGANTAR.......................................................................... iii
MOTO
DAN PERSEMBAHAN............................................................. v
DAFTAR
ISI.................................................................................... vi
Bab
I PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang Masalah............................................ 1
1.2.
Identifikasi
Masalah................................................. 3
1.3.
Pembatasan Masalah.......................................... 3
1.4.
Rumusan
Masalah.................................................... 4
1.5.
Tujuan
Penelitian..................................................... 4
1.6.
Manfaat
Penelitian................................................... 4
1.7.
Definisi
Operasional................................................. 4
Bab
II LANDASAN TEORETIS
2.1.
Keterampilan
Berbahasa........................................... 5
2.2. Keterampilan Berbicara....................................... 6
2.3.
Tujuan
Berbicara…………………………………............. 7
2.4.
Jenis-
jenis Bebicara…………………………................
10
2.5.
Pidato………………………..………………………............. 12
2.6.
Metode
Pidato…………………………………………………. 16
2.7.
Prinsip
Pidato………………………………………………….. 20
2.8.
Siasat
Membukan dan Menutup Pidato………………. 21
2.9.
Saat-saat
Yang Tepat Menutup Pidato………………. 24
Bab
III METODOLOGI PENELITIAN
3.1
Metode Penelitian......................................................... 25
3.2 Tekhnik
Penelitian........................................................ 25
3.3
Tekhnik Pengolahan Data............................................. 26
3.4
Orientasi Lokasi Penelitian............................................ 27
Bab
IV HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1.
Hasil
Penelitian................................................... 35
4.2.
Pembahasan....................................................... 35
Bab
V PENUTUP
5.1.
Kesimpulan........................................................ 42
5.2.
Saran................................................................ 43
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar