Rabu, 23 Januari 2013

Kemampuan Berpidato Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kotabunan

LEMBAR PENGESAHAN


Skripsi dengan Judul : Kemampuan Berpidato Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kotabunan.

Karya Ilmiah dari              :
Nama                                  : Muhammad Rifsan Makangiras
NIM                                   : 07310383
Jurusan                               : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi                   : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Program Pendidikan          : Sarjana (S1)

Disetujui oleh tim pembimbing untuk diajukan kepada panitia ujian Skripsi pada Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Manado.



   Pembimbing I                                                                     Pembimbing II



    Dra. Wimsje R. Palar,  M.Hum                                           Dra. Th.Wengkang , M.Pd
    NIP.196012311986022003                                                NIP.196008171985022001





Mengetahui
Ketua Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia




Dra. R.C Paath,M.Hum
     NIP.196111181986022001






ABSTRAK

Muhammad Rifsan Makangiras
Kemampuan Berpidato Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kotabunan
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan berpidato siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur .
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kotabunan Kabupaten Bolaang                   Mongondow Timur  pada siswa kelas XI   Tahun Pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 36  Siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.  Metode   deskriptif adalah metode yang memusatkan diri pada masalah-masalah aktual.  Data yang dikumpulkan, disusun, dijelaskan kemudian dianalisa
Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi , wawancara dan tes. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah rumus presentase:
Hasil pengolahan data, nilai rata-rata siswa atau nilai rata-rata kelas yang diperoleh ialah 5,7 (57%). Demikian juga dengan nilai rata-rata kelas untuk elemen penguasaan topik 5,6 (56%), elemen diksi 6 (6%), dan elemen lafal 6,5 (65%). Jika kita melihat hasil yang diperoleh ini, ternyata keterampilan berpidato siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kotabunan dapat diklasifikasi ‘kurang mampu’, karena hasil yang diperoleh rata-rata kelas berada pada rentang nilai <70%. Dari ketiga macam elemen pendukung keterampilan berbicara ini, semua elemen juga berada pada rentang nilai <70%.
Ø  Diharapkan kepada guru-guru bidang studi Bahasa Indonesia agar dapat membimbing siswa dalam pengajaran pidato sehingga mereka terbiasa tampil berbicara dan mengungkapkan gagasan secara kreatif.
Ø  Untuk membangkitkan minat siswa terhadap pidato  maka guru harus menjadi model pembelajaran yang dinamis di dalam kelas dan tidak menimbulkan kesan monoton dalam mengajar
Ø  Pengajaran pidato di SMK sangat penting dalam menyiapkan lulusan yang terampil berbicara dan siap turun ke lapangan menampilkan kemahiran dalam berpidato.



KATA PENGANTAR


Peneliti memanjatkan puji syukur kepada Tuhan yang Mahakuasa karena berkat kasih dan penyertaan-Nya skripsi ini dapat terselesaikan. Skripsi ini berjudul “Kemampuan Berpidato siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kotabunan” sebagai bagian penelitian yang dilaksanakan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam berbicara.  Adapun skripsi ini sebagai penerapan pengetahuan yang peneliti peroleh, untuk memenuhi syarat-syarat guna menyelesaikan studi di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Manado.
Di balik rasa gembira yang muncul karena keberhasilan menyelesaikan studi, peneliti menemui berbagai permasalahan baik materi, kemampuan, serta masalah lain yang tidak dapat diungkapkan semua dalam penyelesaian studi termasuk penulisan skripsi ini. Banyak kenangan manis dan juga pahit yang peneliti jalani selama mengikuti studi di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Manado, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Keberhasilan peneliti menjalani proses belajar di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Manado, tentunya tidak lepas dari peran beberapa pihak yang banyak memberi perhatian. Untuk itu melalui kesempatan ini peneliti dengan ketulusan hati menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :    
1.           Prof. Dr. Ph. E.A. Tuerah, M.Si, DEA    Rektor Universitas     Negeri    Manado.
2.              Drs. F. Dj. Rorong, M.Hum  Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manando.
3.              Dra N. Rumengan M.Hum   Pembantu Dekan I FBS UNIMA.
4.              Donal M Ratu, M.Hum   Pembantu Dekan II FBS UNIMA 
5.              Dra. N. Samola M.Pd   Pembantu Dekan III FBS UNIMA,
6.              Drs. Maxi Wantalangi, M. A. Pembantu Dekan IV FBS UNIMA
7.              Dra.R C Paath M.Hum Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra    Indonesia.
8.             Dra. W Palar, M.Hum Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sekaligus sebagai Pembimbing I yang telah banyak memberian saran dan masukan dalam proses penulisan skripsi.
9.             Dra T Wengkang , M.Pd    Dosen Pembimbing II Penulisan Skripsi, yang telah memberikan banyak masukan serta arahan selama dalam proses pembimbingan penulisan skripsi ini.
10.         Seluruh Dosen  di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
11.         Seluruh Pegawai dan tata usaha FBS Universitas Negeri Manado
12.         Teman - teman seperjuangan di Jurusan Bahasa dan sastra Indonesia
13.         Seluruh keluarga terutama kepada : Riski, Sri Bella, Rizaldi, Niken, Fadiah dan Fadil
14.         Kekasih Tercinta : Prilly Frichillia Modeong, Amd. Keb
15.         Keluarga Drs. Anuarudin Mokoagow, M.Pd
16.         Teman – teman kost : Ustad Bagio, Rama, Vicar, Ilo, Imbri, Rendra, Iki, Senior Odhy, Yandhi, Inal, Doddy, Uchan-Uchin, Ayu dan Haspa.
17.         Teman – teman Asrama Bogani : Are’Is, fikran, Suryadi, Farly, Dayat, Winny, Hendy, Jhon, Aldi, Kiki, David dan Epie
18.         Guru – guru dan staf tata usaha SMK Negeri 1 Kotabunan

Akhirnya kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan untuk kesempurnaan karyini.  Semoga karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.
                                                                                                   
                                                                           Tondano,    November  2012
                                                                                           Peneliti

                                                                                    Muhammad Rifsan Makangiras


MOTTO DAN PERSEMBAHAN

MOTTO
Ø sesungguhnya pelindungku adalah Allah, yang telah menurunkan kitab (Al-Qur’an) dan dialah yang melindungi orang-orang yang baik.
(Q. S. Al- A’raf: 196)
Ø Allah akan mengangkat beberapa derajat orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang berilmu.

(Q. S. Almujadilah: 11)
PERSEMBAHAN
Karya ilmiah ini kupersembahkan untuk:
ALLAH  SWT , Tuhan yang Mahaagung dengan semua penyertaan, keridhaanNya
       Ayahanda tercinta , Abdul Djohar Makangiras , BA  dengan semangat dan keikhlasan  membiayai studiku  , seorang ayah yang telah membimbing dan mengajarkan  arti kehidupan serta menjadi manusia yang pandai bersyukur
  Ibunda tercinta , Anita Paputungan,  dengan segala kemuliaan  membimbing , mengayomi   demi menanti keberhasialanku , seorang ibu yang dengan tulus  memberikan doa restu untu kesuksesanku
Adinda tercinta, Sri Bella Islamy Makangiras , Adik yang selalu memberikan motivasi dan semangat untuk mengejar mimpi dan keberhasilan.
Kekasih terindah dan tercinta Prilly Frichillia Modeong, Amd.Keb
Semua saudaraku yang banyak membantu
Almamater tempat aku menimba ilmu.
Kepada Nusa dan Bangsa yang menanti pengabdianku
DAFTAR ISI
                                                                                                        Hal
LEMBAR PENGESAHAN.................................................................... i
ABSTRAK ........................................................................................ ii
KATA PENGANTAR.......................................................................... iii
MOTO DAN PERSEMBAHAN............................................................. v
DAFTAR ISI.................................................................................... vi

Bab I      PENDAHULUAN
1.1.       Latar Belakang Masalah............................................ 1
1.2.       Identifikasi Masalah................................................. 3
1.3.       Pembatasan Masalah..........................................    3
1.4.       Rumusan Masalah.................................................... 4
1.5.       Tujuan Penelitian..................................................... 4
1.6.       Manfaat Penelitian................................................... 4
1.7.       Definisi Operasional................................................. 4
Bab II     LANDASAN  TEORETIS
2.1.       Keterampilan Berbahasa........................................... 5
2.2.       Keterampilan Berbicara.......................................    6                        
2.3.       Tujuan Berbicara………………………………….............    7
2.4.       Jenis- jenis Bebicara…………………………................   10
2.5.       Pidato………………………..……………………….............   12
2.6.       Metode Pidato………………………………………………….   16
2.7.       Prinsip Pidato…………………………………………………..   20
2.8.       Siasat Membukan dan Menutup Pidato……………….   21
2.9.       Saat-saat Yang Tepat Menutup Pidato……………….    24
Bab III   METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Metode Penelitian.........................................................    25
3.2 Tekhnik Penelitian........................................................     25
3.3 Tekhnik Pengolahan Data.............................................     26
3.4 Orientasi Lokasi Penelitian............................................     27
Bab IV    HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1.       Hasil Penelitian...................................................    35
4.2.       Pembahasan.......................................................    35
Bab V      PENUTUP
5.1.       Kesimpulan........................................................     42 
5.2.       Saran................................................................     43
DAFTAR PUSTAKA        
LAMPIRAN











Tidak ada komentar:

Posting Komentar