Kamis, 24 Januari 2013

Tugas Komputer

VIRUS KOMPUTER

Sejarah singkat tentang virus

•1949Teori "self modifying through machine" yang dikembangkan oleh John von Beumann menjadi basis teori untuk semua virus

•1981stilah "Virus" diperkenalkan pertama kalinya pada tahun 1981 dalam sebuah percakapan antara Dr. Fred Cohen dan Profesor Leonard M. Adleman.

•1983 Peneliti Fred Cohen mendefinisikan fungsi virus untuk pertama kali dalam tesisnya yang berjudul "Computer Viruses - Theory and Experiment".1986 Salah satu vendor PC menyebarluaskan "brain", virus MS-DOS yang pertama.

•1990 "Chameleon" merupakan virus polymorph pertama. Virus ini mengubah dirinya setiap kali melakukan infeksi dan merupakan memory-resident virus terbesar yang berukuran 9 KBit dan dilengkapi dengan fungsi stealth.

•2004 Seorang mahasiswa berusia 18 tahun yang berasal dari Jerman Utara menyebarkan worm Sasser ke Internet. Microsoft menghadiahkan 250.000 Euro bagi mereka yang memberikan petunjuk mengenai pelakunya.


•2005 "Sober" merupakan emailer worm yang menyebarkan diri melalui melalui sebuah SMTP Server sendiri dan menggunankan alamat pengirim palsu. Worm ini mengaktifkan program Antivirus.

DEFINISI VIRUS

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

JENIS-JENIS VIRUS KOMPUTER

Virus komputer sendiri adalah sebuah istilah umum untuk menggambarkan segala jenis serangan terhadap komputer. Namun, bila dikategorikan dari cara kerjanya, virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut:

• Worm - Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
• Trojan - Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.

• Hacking - merupakan serangan langsung dari hacker terhadap komputer pengguna yang mengakses laman internet tertentu, dengan atau tanpa program bantuan yang telah disisipkan di komputer pengguna.

• Backdoor - Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.

• Spyware - Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.

• Rogue dan Ransomware - merupakan program yang meniru program antivirus dan
menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut.

• Rootkit - Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.

• Polymorphic Virus Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.

• Virus Telepon Seluler - merupakan virus yang khusus berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.

CARA MENGATASI VIRUS KOMPUTER

Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan perangkat lunak Antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer. Virus komputer ini dapat dihapus dengan basis data / database/ Signature-based detection, heurestik, atau peringkat dari program itu sendiri / Quantum. Digunakan oleh Norton.

Contoh antivirus yang bisa diandalkan dan menangkal virus adalah Kaspersky, Panda, Symantec, BitDefender, avast!, AVG, Avira AntiVir, Norton, Norman, McAfee, dan lain sebagainya.

Virus komputer telah menjadi sebuah fenomena yang mampu membuat pengguna PC ketakutan. Dampak dari adanya virus, bisa menimbulkan kerugian sampai milyaran rupiah. Ibarat sebuah penyakit, virus komputer bisa menginfeksi siapa saja tanpa pandang bulu. Berikut ini adalah beberapa virus yang paling berbahaya dan mampu menimbulkan kerugian sampai ratusan milyar lebih


Sumber :     http://efankhonghucu.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar